logo

Select Sidearea

Populate the sidearea with useful widgets. It’s simple to add images, categories, latest post, social media icon links, tag clouds, and more.
hello@youremail.com
+1234567890
 

Sistem POS di Indonesia

Lorem ipsum dolor sit

Saat ini, mulai banyak bisnis baru bermunculan, baik itu di bidang industri makanan, minuman, kosmetik, atau perusahaan startup. Masing-masing perusahaan saling berlomba untuk mendapatkan pelanggan, oleh karena itu sangatlah penting untuk selalu melakukan inovasi dan perubahaan dalam perusahaan agar dapat bersaing dengan para pendatang baru maupun kompetitor lama.

Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis anda, salah satunya dengan menginstalasi sistem penjualan yang efektif dan efisien demi kemudahan pelanggan dalam melakukan transaksi. Seringkali terjadi pelanggan mengurungkan niatnya untuk membeli barang karena mendapat rasa tidak nyaman yang dialami saat membayar, seperti lama mengantri, tidak adanya fitur pembayaran melalui kartu kredit, dan lain sebagainya. Berbagai ketidak-nyamanan pada saat transaksi penjualan tersebut sebenarnya dapat anda cegah dengan menggunakan sistem POS yang efektif dan efisien.

Kami dapat membantu anda menyediakan sistem POS yang tepat untuk bisnis anda, sehingga pelanggan anda memiliki pengalaman yang lebih baik saat membayar selain juga membantu bisnis anda untuk berkembang lebih baik lagi.

Apa Itu Sistem POS ?

Bagi kebanyakan orang, sistem POS mungkin masih dirasa kurang familiar dan banyak pengusaha yang belum tahu mengenai sistem POS terkini. POS merupakan kependekan dari POINT OF SALE, yang dapat diartikan sebagai titik dimana pelanggan membeli produk atau jasa anda dan melakukan pembayaran. Secara sederhana, sistem POS membantu transaksi terjadi antara anda dan pelanggan menggunakan komponen-komponen yang dimiki sistem POS.

Pada dasarnya, sistem POS bekerja sebagai mesin kasir, akan tetapi kini sistem POS memiliki fitur-fitur yang jauh lebih canggih dari sekedar hanya menjadi mesin kasir. Jika mesin kasir hanya dapat berfungsi untuk merekam penjualan pada posnya, suatu sistem POS dengan fitur lengkap dapat berfungsi untuk hal lainnya seperti manajemen inventoris sederhana, penggunaan diskon, pengaturan pegawai, manajemen pelanggan, dan sebagainya.

Sistem POS dapat berperan sebagai jantung bisnis anda dengan menghubungkan berbagai aspek penting di perusahaan dalam satu jaringan yang dapat membantu sistem penjualan dan operasional sehari-hari. Dengan menggunakan sistem POS, anda dapat meningkatkan efisiensi bisnis anda secara jauh lebih baik.

Komponen Sistem POS

Sistem POS terdiri dari dua komponen, yaitu software (perangkat lunak) dan hardware (perangkat keras). Dua komponen ini bekerja sama untuk membantu anda menjalankan operasional bisnis sehari-hari menjadi lebih cepat dan mudah. Biasanya komponen hardware sistem POS berbeda-beda sesuai dengan jenis usaha atau bisnis yang dimiliki, namun pada umumnya alat-alat inilah yang biasanya bisa digunakan dalam sistem POS:

  • Layar monitor atau tablet untuk memperlihatkan data produk dan fungsi lainnya seperti laporan penjualan, kehadiran pegawai, dan sebagainya.
  • Pemindai kode batang (barcode scanner) untuk mengotomatisasi dan mempercepat proses transaksi pembayaran. Ada juga pemindai kode batang yang terhubung dengan sistem manajemen inventaris sehingga anda dapat dengan mudah memperbaharui ketersediaan stok di toko dan gudang.
  • Pembaca kartu kredit atau kartu debit.
  • Printer bon untuk memberikan bukti transaksi kepada pelanggan, agar mempermudah apabila pelanggan ingin untuk menukarkan barangnya di kemudian hari atau sekedar sebagai bukti pembayaran.
  • Laci kas untuk menyimpan uang.

Keuntungan Menggunakan Software POS

Ada berbagai keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika anda menggunakan sistem POS yang lengkap, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan efisiensi penjualan maupun operasional perusahaan.

Melakukan pencatatan transaksi secara manual bisa jadi memakan banyak waktu dan tenaga, apalagi apabila anda memiliki ratusan transaksi setiap harinya. Sistem POS dapat meningkatkan efisiensi penjualan dengan sistem jaringan yang dimilikinya. Ketika pelanggan membeli produk anda, transaksi penjualan langsung masuk ke dalam rekaman serta terhubung dengan data inventaris barang. Fitur pembayaran dengan diskon juga sudah tertera dalam sistem POS, sehingga pembeli dapat lebih mudah dan cepat menggunakan voucher atau diskon anggota yang ia miliki.

  • Meningkatkan akurasi.

Dengan sistem POS, anda dapat melacak setiap penjualan, pegawai, inventori barang dan bahan baku, dan beberapa komponen penting lainnya secara real-time. Jadi anda bisa mendapatkan akurasi yang lebih ketika anda perlu mengecek ketersediaan barang ataupun jumlah waktu kerja pegawai. Hal ini bisa sangat membantu anda mencegah terjadinya kesalahan saat melakukan perhitungan penjualan atau keuntungan.

  • Membantu menganalisa lebih baik.

Sistem POS yang lengkap memiliki fitur laporan penjualan yang dapat membantu anda untuk menganalisa kondisi bisnis anda. Jika sebelumnya anda memasukkan data satu per satu ke dalam file Excel secara manual, kini sistem POS dapat menggantikan untuk melakukan hal tersebut untuk anda.

  • Memungkinkan koneksi dengan terminal lain.

Jaringan sistem POS memungkinkan anda untuk melakukan koneksi dengan terminal lainnya, sehingga anda dapat melacak bisnis anda dari tempat yang berbeda dan tidak perlu datang ke dalam toko yang bersangkutan.

  • Memiliki harga yang terjangkau.

Sistem POS memiliki beberapa opsi fitur dan anggaran, sehingga anda bisa memiliki sistem POS yang sesuai dengan bisnis anda tanpa harus mengeluarkan uang lebih banyak. Setiap opsi sistem POS tentunya memiliki harga yang masuk akal dan sebanding dengan fitur-fitur canggih yang diberikan.

Fitur-fitur yang Bisa Dimiliki Sistem POS

Ada berbagai fitur yang sistem POS dapat sediakan untuk bisnis anda, dan fitur ini bisa saja disesuaikan untuk kebutuhan anda. Tidak semua sistem POS memiliki fitur yang disebutkan di bawah, karena memang ada fitur-fitur tertentu yang tidak dibutuhkan oleh beberapa jenis usaha tertentu. Adapun secara keseluruhan fitur yang bisa dimiliki oleh software sistem POS yaitu:

  1. Sistem transaksi pembayaran

Sistem POS dapat menyediakan kondisi transaksi pembayaran yang cepat dan interaktif bagi pelanggan maupun staff anda. Dengan layar sentuh atau pemindai barcode, staff kasir and dapat dengan mudah menambahkan barang ke penjualan dan membuat proses pembayaran menjadi lebih cepat dan efisien.

  1. Integrasi pembayaran melalui kartu

Saat ini, banyak orang yang menggunakan kartu untuk membayar suatu barang, dan sistem POS memiliki fitur yang memungkinkan transaksi kartu kredit dapat langsung tercatat ke dalam laporan.

  1. Manajemen inventaris sederhana

Sistem POS dapat digunakan untuk menyimpan data inventaris sederhana seperti jumlah produk, informasi pemasok dan pembelian bahan baku, daftar harga barang, dan sebagainya. Ketika seseorang membeli produk anda, data dalam inventaris barang juga dapat langsung diperbaharui. Bagitu juga ketika bahan baku habis, ada beberapa sistem POS yang memungkinkan untuk memberikan peringatan mengenai habisnya bahan baku kepada pemilik usaha. Hal ini sangat membantu anda dalam mengatur jumlah barang dan juga kegiatan operasional secara keseluruhan.

  1. Sistem terpusat

Jika anda memiliki toko offline maupun online, sistem POS dapat membantu menghubungkan data diantara kedua toko tersebut dalam satu sistem yang terpusat. Dalam hal ini, ketika anda tidak sedang berada dalam toko offline anda dapat mengecek ketersediaan barang kapan saja sehingga anda tidak perlu khawatir apabila ada pelanggan yang menanyakan stok barang dan ingin melakukan transaksi di toko online.

  1. Perekaman data

SIstem POS dapat membantu anda dalam memberikan laporan penjualan secara detail, yang berisi data barang yang terjual, biaya modal barang awal, keuntungan penjualan, dan lain sebagainya. Terdapat juga sistem yang menyediakan grafik mengenai performa penjualan dalam perusahaan, sehingga memudahkan anda dalam mengevaluasi dan menganalisa bisnis di akhir bulan atau hari.

  1. Manajemen pelanggan

Sistem POS memungkinkan anda untuk mencatat data pelanggan atau anggota, termasuk juga data email dan barang yang dibeli. Hal ini dapat membantu anda menganalisa siapa pelanggan yang paling setia membeli produk anda, siapa yang membeli barang paling banyak, dan bagaimana keseluruhan pasar anda sehingga anda dapat lebih mudah untuk membuat promosi dan menargetkan pasar.

  1. Manajemen pegawai

Beberapa sistem POS dilengkapi dengan fitur pencatatan jam kerja pegawai dan absen pegawai, sehingga anda dapat menentukan lebih akurat ketika harus memberikan gaji di akhir bulan, terutama apabila anda mempekerjakan pegawai sesuai dengan jumlah jam kerja yang dilakukan. Anda juga dapat menganalisa siapa karyawan yang paling rajin, membuat jadwal karyawan, dan memasukkan data karyawan.

  1. Program loyalitas pelanggan

Program loyalitas pelanggan bisa menjadi salah satu alat pemasaran yang baik. Sistem POS dapat membantu anda membuat program loyalitas pelanggan misalnya dengan menambahkan poin tertentu pada anggota ketika melakukan transaksi pembayaran dan mengingatkan apabila poin sudah terkumpul dan bisa ditukarkan dengan hadiah sesuai dengan rencana program loyalitas pelanggan yang anda miliki. Hal ini dapat membantu meningkatkan jumlah pelanggan dan pembelian usaha anda, karena pelanggan memiliki ketertarikan lebih untuk membeli barang demi mendapat keuntungan atau hadiah yang ditawarkan.

Tipe Sistem POS Sesuai Jenis Usaha

Setiap jenis usaha memiliki karakteristik dan kebutuhannya masing-masing, sehingga jenis usaha yang berbeda bisa saja memerlukan sistem POS yang berbeda pula. Sistem POS dan fitur-fitur yang dimilikinya dapat diatur dan disesuaikan dengan jenis bisnis yang dijalankan, sehingga ada baiknya jika anda menganalisa terlebih dahulu mengenai jenis sistem POS mana yang sesuai dengan usaha anda.

Ini adalah beberapa contoh jenis sistem POS berbeda yang diaplikasikan sesuai dengan jenis usahanya:

  • Sistem POS perusahaan retail

Sistem POS perusahaan retail biasanya memiliki pemindai barcode untuk memudahkan transaksi di kasir. Sistem tersebut juga memiliki fitur inventaris barang yang lebih lengkap dan terorganisir, serta data anggota pelanggan dan juga data pegawai.

  • Sistem POS kafe

Sistem POS kafe memiliki fitur yang memudahkan pelanggan untuk memesan minuman sesuai dengan keinginan pelanggan, seperti jumlah gula, es, atau jumlah kopi yang ingin ditambahkan.

  • Sistem POS restoran

Beberapa sistem POS restoran bisa memiliki fitur penempatan duduk atau nomer meja pelanggan, sehingga sangat membantu pegawai ketika pelanggan ingin memesan tempat atau membayar makanan dan minuman yang dipesan sesuai dengan nomor meja yang ditempati.

  • Sistem POS usaha kecil

Banyak sistem POS untuk usaha kecil dan menengah yang bisa dioperasikan melalui telepon seluler atau tablet, karena memang didesain agar dapat menggunakan alat yang ringan, fleksibel, dan tidak mahal.

Jika anda membutuhkan informasi tambahan mengenai sistem POS dan kegunaannya, anda dapat menghubungi kami agar kami dapat membantu anda lebih lanjut. Menggunakan sistem POS merupakan investasi yang baik bagi keberlangsungan usaha anda.

Name
Email
Subject
Message

198 West 21th Street, Suite 721, New York NY 10010

+888 (0) 202 0000 00159486 +888 (0) 202 0000 00159486

+888 (0) 202 0000 00159486 +888 (0) 202 0000 00159486

youremail@yourdomain.com youremail@yourdomain.com